NHW#5 Belajar Cara Belajar

Bismillah...
Di NHW #5 kali ini kami peserta matrikulasi IIP batch 4 diminta untuk membuat design pembelajar. Sebenarnya aku sama sekali nge-blank soal ini. Membiat segala macam kurikulum belajar dan senagainya aku ini nol besar.. Karena sama sekali belum belajar tentang ini. Dan aku bukan giru di sekolah formal yang terbiasa membuat desain seperti ini. Tapi apa salahnya mencoba?

Aku penasaran dengan apakah itu design pembelajaran?

Desain itu sebuah susunan, langkah, cara..
Kalau pembelajaran ya sejenis kurikulum gotu ya.
Jadi desain pembelajaran itu sejenis susunan kurikulum untuk belajar.

Kalau hasil nanya sama wikipedia, desain pembelajaran adalah: Desain pembelajaran. ... Proses ini berisi penentuan status awal dari pemahaman peserta didik, perumusan tujuan pembelajaran, dan merancang "perlakuan" berbasis-media untuk membantu terjadinya transisi.

Jika makna dari desain pembelajaran adalah seperti di atas, maka tujuan pembelajaran ini adalah akhirnya menuju insan kamil, manusia paripurna. Yang ujungnya adalah kembali menjadi hamba yang taat dan berbakti hanya kepada Allah.

Bagaimana cara membuat desain pembelajaran?

Setelah saya searching.. Begitu banyak model-model desain pembelajaran. Tapi saya tertarik akan metode pembelajaran nabawiyah.. Yang memang telah dicontohkan nabi Muhammad saw dalam mengajar para sahabat dan jelas menghasilkan sosok-sosok berkarakter kuat yang tangguh imannya.

Maka jika merujuk pada cara Nabi melakukan dan mendesain pembelajaran, ada beberapa hal yang saya ambil:
1. Sampaikanlah walau satu ayat.
2. Metode talaqqi, pengulangan.
3. Praktek lapangan.
4. Memberikan contoh dengan teladan yang baik.. Dan ini adalah cara paling efektif.
5. Penanaman aqidah dan iman terlebih dahulu, sebelum pembelajaran akan hal-hal teknis lainnya.

Maka hal ini pula yang akan coba saya praktekkan dan saya pakai dalam desain pembelajaran ala saya.

Belajar kepada ahlinya.. Ini cara tercepat untuk mengambil langkah singkat dalam menguasai bidang pembelajaran yang kita inginkan.

Saya ingin meningkatkan minat dan bakat saya di bidang Al-Qur'an dan kepenulisan. Maka desain pembelajaran yang akan saya bentuk untuk diri saya adalah:
1. Saya akan belajar tentang Al-Qur'an dan kepenulisan dari para ahlinya. Mengambil hal-hal yang baik dan mempraktekkannya pula dalam diri saya..
2. Membaca buku-buku yang berkaitan dengan bidang tersebut.. Mereviewnya.. Dengan minimal satu buku per minggu. Maksimal dalam 2 minggu.
3. Terus berlatih.. Dengan mengaju pada tabel indikator yang telah saya buat.. Dan berusaha konsisyen untuk menjalankannya.
4. Mempraktekkan ilmu tersebut dalam keseharian saya. Karena ilmu yang hanya tetap ada di kepala tidak akan pernah menjadi mutiara berharga jika tidak tercermin pada akhlaq dan tutur kata.
5. Memperkuatn ruhiyah ke Allah adalah hal yang paling utama sebelum apapun.. Karena tujuan dari semua pembelajaran ini adalah Dia, Allah.. Maka semua yang ada di dalamnya sejak awal, sampai dengan akhirnya harus selalu melibatkan Allah.. Di setiap prosesnya, Allah harus selalu diikutsertakan.. Ini yang utama.. Dan paling utama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DARI ANAKMU YANG KINI DEWASA

Perjalanan Pembuktian Cinta #Part1

sampe sebesar ini?