Apakah Allah akan Mengampuni Dosaku?

رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا فِي نُفُوسِكُمْ ۚ إِنْ تَكُونُوا صَالِحِينَ فَإِنَّهُ كَانَ لِلْأَوَّابِينَ غَفُورًا

Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu; jika kamu orang-orang yang baik, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertaubat.

QS. Al-Isra (17) : 25

Percakapan sore itu ditingkahi hujan yng turun deras di luar ruangan. Samar terdengar. Hanya pelan saja terucap. Tapi mampu membuat semua santri yang hadir saat itu turut menangis deras menyamai derasnya hujan di luar.

"Apa dosa besar akan diampuni? Apa Allah akan terima taubat orang yang berdosa lalu dia menyadari kesalahannya?" tanya seorang santri dengan suara yang bergetar. Entah apa yang berkecamuk dalam dadanya saat dia bertanya tentang hal itu. Mungkin ingatan akan potongan-potongan masa lalunya datang mengganggunya.

Seseorang dengan wajah tertunduk menyimak pertanyaan itu sambil menghela nafas panjang  dan menatap semua santri yang hadir di ruangan. Bola mata berkaca yang memancarkan ketulusan, terasa menancap di hati yang memandangnya. Perlahan dia menjawab:

"Di dunia ini, siapa yang pernah terlepas dan terbebas dari dosa?", pertanyaannya terhenti menggantung. "Tidak ada!" dan air matanya pun turun membasahi wajahnya hingga ke janggut putihnya... Dia menghela nafas lagi dan mengusap wajahnya, bersiap melanjutkan kata-katanya.

"Hanya nabi dan rasul yang terbebas dari perbuatan dosa dan kesalahan. Kita manusia biasa, fitrahnya adalah tempat segala salah dan lupa. Tapi sebanyak apapun dosa itu.. Setinggi gunung sekalipun.. Allah akan ampuni selama kita serius benar-benar bertaubat. Dan benci untuk kembali melakukan dosa tersebut sepeti bencinya kita dengan api neraka."

"Pertanyaannya.. Seberapa serius kita mau membuktikan kepada Allah bahwa kita benar-benar bertaubat dan ingin menjadi baik dan lebih baik lagi...? Allah hanya menseriusi yang benar-benar serius membuktikan kesungguhannya."

Dan semua kembali terdiam. Hanya hujan yang terus menderas di luar sana menjadi saksi percakapan sore itu.

Just keep coming back... Kita ga pernah tau seberapa besar kecintaan Allah sama hambaNya yang bertaubat...

Perbanyak istighfar yuk...

#menemaniperjalanancintapadaNya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DARI ANAKMU YANG KINI DEWASA

Perjalanan Pembuktian Cinta #Part1

sampe sebesar ini?