Pengamatan Gaya Belajar Anak - Day 4

Zahrah cenderung dominan otak kanan. Terlihat dari caranya menulis atau saat mewarnai yang lebih rapih jika menggunakan tangan kiri.

Ternyata hal ini berpengaruh juga dengan bagaimana dia menangkap sesuatu pelajaran dalam belajar.

Ruang kelas yang formal, guru yang kaku, akan membuatnya kesulitan untuk berkonsentrasi. Apalagi didukung dengan gaya belajarnya yang memang sangat memerlukan gerak aktif, kinestetik sejati. Ini yang membuatnya agak terhambat dalam belajar secara maksimal.

Sebulan belakangan ini, saya bekerjasama dengan guru kakak Zahrah untuk membimbingnya belajar sambil bermain, menciptakan suasana belajar yang kondusif bagi kepribadian Zahrah sendiri.

Dan sebulan terakhir ini pula ternyata sangat melesat sekali perkembangannya. Daya tangkapnya luar biasa. Ternyata dia lebih dari cerdas asalkan ditemukan dengan suasanan belajar yang memang sesuao dengan dirinya, itu kata gurunya.

Suatu malam menjelang tidur, aku kaget saat dia tiba-tiba bersenandung, menyanyikan lagu Allahummarhamnaa bilqur'an berikut dengan artinya dengan sangat lancar.

Aku terharu sekali.

Ternyata penting banget ya mengetahui gaya belakar anak, agar mampu memaksimalkan potensi besar yang ada di dalam dirinya.

Thanks to Allah and thanks to Institut Ibu Profesional yang telah mengarahkan kami para ibu yang butih terus belajar ini dalam kurikulumnya yang sangat memberdayakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DARI ANAKMU YANG KINI DEWASA

Perjalanan Pembuktian Cinta #Part1

Hmm..ukhti, istiqomahlah..