Book Review: BE a GREAT MUSLIMAH Syar'i, Berprestasi Menginspirasi



Judul buku         : BE a GREAT MUSLIMAH Syar'i, Berprestasi, Menginspirasi
Penulis               : Febrianti Almeera
Penerbit             : Penerbit Mizania PT Mizan Pustaka
Cetakan             :Cetakan I, Februari 2013 / Rabi' Al-Awwal 1434 H
Jumlah hlm        : 189 hal + 1 keping CD berisi 4 lagu yang dinyanyikan oleh penulis buku ini
Jumlah bab        : 5 Bab

Ok bismillah. malam ini saya mau tulis review saya tentang sebuah buku yang pas banget ngena di hati saya. Saat baca buku ini berulang kali di kepala saya muncul kata demi kata ini; "Yap! tepat!" "Relevan!" Saya baca buku ini sambil setel VCDnya di laptop saya. 
Dan air mata saya ga berhenti mengalir saat saya dengar lagu-lagu di dalam songbook ini. Sangat mengena di hati. Saya pribadi memang bukan muslimah hijrah. Sejak kecil saya sudah berada di dalam keluarga yang notabene islami dan agamis. Karena kedua orang tua saya orang paham agama. Yang mau tak mau saya sebagai anaknya pun terwarnai. Tapi buku karya teh Febrianti Almeera ini benar-benar menggedor hati saya yang saat membaca buku ini sedang dalam kondisi terpuruk. Ya, terpuruk. Karenanya, saya sangat bersyukur sekali saat seorang teman menawarkan untuk membeli songbook ini. Karena memang saya sudah cari sejak lama. Dan ternyat isi song booknya sangat sangat sangat bermanfat buat saya. Yang ngakunya bukan muslimah hijrah tapi masih banyak perilaku jahiliyah yang saya lakukan dalam keseharian saya. Saya merasa TERTAMPAR-TAMPAR dengan isi buku ini. Baik oleh lagunya atau oleh tulisannya. 

Saya rasakan sekali, energi teh Pepew (sapaan akrab sang penulis buku) menuliskan buku ini dengan melibatkan hati. Karena hati saya sampai tergetar-getar membacanya, Entah kekuatan macam apa yang dia paki saat menulis buku ini sampai-sampai menarik saya begitu dalam enggan menaruh buku barang sedetik pun saat mulai membacanya.

Awal mula saya penasaran sama buku ini adalah saat saya sedang berselancar di internet, dan saya 'nyasar' di sebuah web dengan alamat ini. Nah, karena saya merasa itu tulisan kok dapat dengan baik menggambarkan apa yang saya rasakan. Saya makin penasaran dengan pemilik blog yang ternyata adalah penulis buku ini. Sudah lama. Tapi rupanya Allah baru perkenankan saya mengetahui tentangnya belakangan ini. Di saat palinh pas saat saya sedang butuh dorongan untuk bisa MOVE UP! Allah memang selalu tepat waktu ya... Makin cinta deh dibuatNya,,, T-T

Saya buka semua penjuru blognya. Habiskan semua tulisannya. Saya buka twitternya. Saya kepoin facebooknya. Dan saya tidak merasa menyesal sudah menjadi 'stalker' teteh yang satu ini. Hehe. Stalking buat kebaikan kenapa enggak kan. Dan yang saya gak sangka lagi, penulis ini masih muda, seumuran saya. Wah rupanya sekarang sedang zamannya anak 90an mengambil alih estafet karya dan kreasi. Saya pun sampai sangaat penasaran dengan komunitas Great Muslimah yang didirikan oleh teh Pepew ini. Sampai suatu saat saya dapat info tentang open casting untuk gelar karya komunitas ini, yang akan mengadakan Teater Musikal. Saya samperin sekretariat Great Muslimah di dekat PUS DAI Bandung. Ga apa deh jauh karena saya berangkat dari Depok, saya sudah terlanjur penasaran dan terlanjur sama sepak terjang tulisan si teteh dan komunitasnya ini. Dan lagi-lagi saya ga menyesal datang ke sana. Karena banyak ilmu baru yang saya dapatkan dari mereka. Sosok-sosok muslimah yang terus memperbaiki diri. Bersama-sama, saling menguatkan dalam perjalanan menuju keridhaan Allah. Dan yang perlu digarisbawahi, ini komunitas muslimah hijrah loh. Dahsyat nian mereka ya. Saya hanya bisa geleng-geleng kepala, takjub, betapa Allah berikan kemudahan dan jalan untuk mereka berkarya mengharumkan nama islam dan mengajak orang lain pada keindahan islam. Saya tahu satu hal: saya semakin jatuh cinta!

Hmm. Oke, kembali lagi bercerita tentang bukunya ya. Jadi setelah saya sampai di sana barulah saya akhirnya beli buku ini. Buku ini buku HOW TO, menjelaskan cara bagaimana menjadi seorang muslimah yang tidak hanya syar'i, tapi juga berprestasi dan menginspirasi banyak orang untuk menjadi lebih baik lagi. Dengan berfokus pada life triangel; diri sendiri, orang lain, Allah SWT. Buat kamu muslimah yang mau belajar atau sedang belajar jadi muslimah yang kaffah tapi ga tahu langkahnya, saya rekomendasikan banget buku ini. Thumbs up lah buat teh Pepew dan songbook Be A Great Muslimah nya. 

Kalau kamu pernah merasakan titik ujian kehidupan yang sampai bikin kamu ga paham kenapa kamu masih harus hidup dan bertahan saking tertekannya dan mau bangkit tapi malu, takut, khawatir dan segala macam rasa negatif lainnya, semoga saja buku ini bisa menyembuhkan lukamu. Seperti saya saat merasa terbasuh air sejuk saat menyelami halaman demi halamannya.

Anak muda kadang suka hilang arah, ga jelas mau melakukan apa untuk kehidupannya, belum lagi ditambah sama godaan dari kanan dan kiri juga depan dan belakang. Wuih! Ngeri kalo sampai ga da yang mengarahkan. Nah di buku ini kamu bisa temukan pengarahan yang mengarahkan dan membantu kamu menemukan potensi sebenarnya dalam dirimu. Saya sampai berkaca-kaca membacanya. Saya mengalami berbagai macamnya, tapi tidak terpikirkan untuk menuliskannya menjadi sebuah buku seperti yang ditulis oleh teh Pepew ini. Jadi intinya ini sangat recommended buat jadi tambahan referensi buku pengembangan diri kamu. 

Sebenernya ini review buku apa curhat ya? Hihi. :D Tapi ga papa lah ya. Saya yakin pembaca sudah paham arah tulisan saya ini. Semoga review saya yang masih acak-acakan ini bisa bermanfaat buat teman yang membacanya ya. 

Buat yang mau dengar beberapa lagu yang ada di dalam buku ini bisa cek di sini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DARI ANAKMU YANG KINI DEWASA

Perjalanan Pembuktian Cinta #Part1

sampe sebesar ini?