Nusaibah Azzahra_NHW#2 : Checklist Indikator Ibu Profesional

Memenuhi tugas pembuatan NHW 2 Institut Ibu Profesional, sempat agak terhambat untuk segera memulainya.

Karena saya sempat bingung bagaimanakah indikator-indikator terukur untuk mencapai keprofesionalan tersebut. Tapi baiknya segera saya buat meski sederhana.. Semoga bisa semakin membaik kedepannya.

Sembelum membuat tugas, saya bertanya ke suami dan anak tentang sosok istri dan ibu seperti apakah yang mereka inginkan ada dalam diri saya..

Jawaban mereka membuat saya merenung.

Menjabarkan apa yang mereka harapkan dibawah ini:

Saya sebagai Individu
-memaksimalkan potensi di bidang Al-Qur'an dan kepenulisan, agar bermanfaat bagi banyak orang.
-ramah dan membaur dengan lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar.

Saya sebagai Istri, suami berharap
-saya tidak menunda-nunda pekerjaan baik kantor ataupun pekerjaan rumah.
-saya menjadi istri yang ceria, dan menunjukkan 'kemanjaan' ke suami.
-saya mengembangkan potensi yang telah Allah titipkan dalam diri saya agar bermanfaat bagi semakin banyak orang, di bidang Al-Qur'an dan kepenulisan.

Saya sebagai Ibu, anak berharap
-saya mengajarkan Al-Qur'an dan mengajak anak membiasakan menulis sejak dini ke anak-anak.
-saya batasi penggunaan gadget saat bersama anak.
-saya tidak marah-marah saat mengingatkannya atau memperbaiki kesalahannya.
-saya tersenyum dan baik padanya secara sikap dan perkataan.

Dari penjabaran keinginan mereka. Maka saya membuat ceklist untuk mencapai keinginan baik mereka.

Maka berikut indikator-indikator pencapaian yang saya buat untuk semakin memprofesionalkan diri saya sebagai individu, ibu dan istri.

Profesional Individu Checklist Indikator

1. Shalat fardhu di awal waktu + sunnah rawatib
2. Tilawah + baca tarjamah qur'an seperempat juz tiap ba'da shalat fardhu
3. Muroja'ah  hafalan quran 1/2 halaman ba'da shalat fardhu
4. Dalam satu hari wajib menulis tiap ba'da tarawih / ba'da subuh. 1 hari 1 tulisan.
5. Mandi qobla subuh dan ba'da ashar.
6. Baca buku  danminimal belajar ilmu ibu profesional 2 jam dalam satu hari selama 3 bulan
7. Fokus membangun Huffazh Online. Menerima setoran hafalan member Huffazh Online setiap hari kecuali hari minggu.

Profesional Wife Checklist Indikator

1. Peluk suami 5 kali sehari
2. Senyum dan fokus menatap ke suami setiap berbicara padanya
3. Memperbaiki komunikasi setiap saat
4. Evaluasi dan briefing keluarga setiap seminggu sekali.

Profesional Mother Checklist Indikator:

1. Satu hari satu cerita  dan kisah  teladanan untuk anak
2. Setiap habis mandi sendiri, LANGSUNG memandikan anak.
3. Mengajarkan anak baca tulis qur'an 30 menit per hari.
4. Bermain dan membuat crafty bersama anak 30 menit dalam sehari.
5. Peluk dan cium anak setiap sebelum tidur dan bangun tidur
6. Penggunaan dan pemakaian gadget anak maksimal hanya 3 kali dalam seminggu selama 30 menit.

Tentu ini masih sangat jauh dari sempurna.. Tapi menggunakan cara SMART yang mampu diraih.. Tidak terlalu mudah pun tidak terlalu sulit untuk dilakukan dan dicapai. Semoga bisa istiqomah memperbaiki diri terus menerus..
Ceklis ini akan terus berubah.. Seiring kebutuhan yang menuntut perubahan.. Seiring juga dengan tumbuh kembang anak.
Ceklis ini akan terus saya perbaiki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DARI ANAKMU YANG KINI DEWASA

Perjalanan Pembuktian Cinta #Part1

Hmm..ukhti, istiqomahlah..